|

Ridwan Kamil

M. Ridwan Kamil

Tempat dan tanggal lahir: Bandung, 4 Oktober 1971
Pendidikan: Master of Urban Design, College of Environmental Design, University of California-Berkeley, Amerika

Pekerjaan: Arsitek/dosen Institut Teknologi Bandung

Ridwan Kamil adalah seorang arsitek, perancang kota, penulis dan pendidik di ITB Bandung. Dia adalah Kepala Urbane, sebuah arsitektur dan studio desain perkotaan di Bandung melayani klien desain internasional terutama di Asia dan Timur Tengah. Pada tahun 2006, Ia dianugerahi sebagai 2006 Young Design Entrepreneur of the Year.

Ia juga Ketua Bandung Creative City Forum. BCCF didirikan oleh lebih dari 20 komunitas kreatif di Bandung yang bertujuan untuk membawa Bandung untuk menjadi kelas Dunia Kreatif kota.

Arsitek lulusan Berkeley, California ini masih tergolong muda. Usianya baru 38 tahun. Namun, reputasinya dalam bidang urban desain tergolong meyakinkan. Bersama perusahaan konsultan Urbane Indonesia, Emil—begitu ia biasa disapa—dipercaya menggarap master plan dan urban design guidelines sebuah kawasan superblok Beijing Financial Street.




Distrik berisi 35 blok itu, dipadati seribu kantor institusi keuangan lokal dan internasional serta dilengkapi fasilitas turis, seperti hotel dan pusat belanja. Selain di Negeri Panda, buah karya Urbane, yang dimotori Ridwan Kamil itu bertebaran di sejumlah negara. Sebut saja Singapura, Hong Kong, Thailand, Vietnam, Mesir, Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat. Menurut sebuah sumber, omset Urbane Indonesia bisa mencapai Rp 8 milyar per tahun. Wow…

Tidak heran, jika nama dosen arsitektur di Institut Teknologi Bandung ini menjadi semacam ikon daru dalam komunitas urban desain di Indonesia. Selain mahir berkreasi, ia juga aktif menulis tentang isu-isu perkotaan.

Posted by Cinema Season on 01.32. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Recently Commented

Recently Added